Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan
=======================================






Sebagian besar orang Indonesia tidak mengetahui khasiat yang terkandung dalam kulit jeruk bali. Karenanya, kebanyakan orang hanya mengkonsumsi buahnya saja dan membuang kulitnya. Padahal pada kulit jeruk ini bisa di jadikan obat herbal seperti Obat Titan Gel yang terkandung banyak sekali senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya yaitu senyawa flavonoid, alkanoid, vitamin-C, likopen, pectin dan tanin.

Manfaat kulit jeruk berwarna hijau gelap ini pun sudah tak diragukan lagi. Bahkan, Menteri Pertanian RI 2010 pernah mengatakan jika kulit buah yang satu ini berbeda dengan kulit buah jenis lain karena memiliki fungsi sebagai obat antibiotik. “Selama ini kulit jeruk bali belum sepenuhnya dimanfaatkan. Oleh sebab itu ini dapat dijadikan untuk obat antibiotik (Orwa, 2009)”.

kulit jeruk bali, khasiat kulit jeruk bali, manfaat kulit jeruk bali

Jika diteliti lebih dalam, manfaat dan khasiat kulit jeruk bali tidak hanya sebagai obat antibiotik loh! Kulit buah berpori ini dapat digunakan untuk mengobati batuk, kolesterol dan bahkan kanker. Untuk lebih jelasnya, baca uraian singkat berikut ini!
1. Mengusir Dahak dan Batuk

Kulit jeruk bali  ini dapat membantu menyembuhkan penyakit batuk yang Anda derita. Karena senyawa yang terkandung khususnya vitamin-C ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan batuk dan pengusir dahak.

Cara penggunaannya yaitu dengan merebus kulit jeruk bali sampai mendidih kemudian biarkan dingin dan minumlah.
2. Anti Kolesterol

Hampir semua senyawa anti kolesterol dapat ditemukan pada kulit jeruk bali. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan LDH atau lemak “buruk” pada tubuh kita yang membentuk plak penyebab penyumbatan pembuluh darah jantung. Oleh karena itu, diet menggunakan kulit jeruk bali ini sangat dianjurkan untuk mengatasi anti kolesterol.
3. Meringankan Bronkitis

Bronkitis adalah suatu penyakit yang menyakitkan dan juga sulit untuk disembuhkan. Namun, penyakit ini dapat diatasi dengan mudah menggunakan kulit jeruk bali. Hal ini dikarenakan kulit buah menyehatkan ini memiliki efek menenangkan dan meringankan infeksi.
4. Mencegah Kanker (Kulit dan Paru-paru)

Flavonoid yang terkandung dalam kulit ini mampu membantu vitamin-C agar bekerja secara optimal untuk memperlambat sel pertumbuhan kanker. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk bali ini lebih sedikit mempunyai resiko penyakit kanker kulit dan paru-paru dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi buahnya saja.
5. Menyeimbangkan Energi

Senyawa yang terkandung dalam kulit yang memiliki lapisan gabus ini dapat menyeimbangkan energi dalam tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan kulit jeruk bali,  maka tubuh kita akan merasa lebih vit dan tahan terhadap penyakit.
6. Mengatasi Perut Mulas

Anda menderita penyakit maag?? Dengan bantuan menggunakan kulit jeruk bali masalah perut mulas Anda akan mendapatkan solusinya secara cepat. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang terkandung dalam kulit jenis ini mampu meredakan rasa mual dan mulas ketika penyakit maag kambuh. Bahkan, jika kita mengkonsumsinya secara teratur selama 20 hari, maka dapat meringankan penyakit maag.
7. Menyembuhkan Infeksi flu dan Demam

Flu dan demam memang sangat sering menghampiri tubuh. Apalagi jenis penyakit ini merupakan penyakit menular. Jika kita lengah tidak memperhatikan kesehatan tubuh penyakit ini sangat mudah sekali menyerang.

Masyarakat biasanya mengobati flu dan demam dengan membeli obat-obatan di warung terdekat atau di toko obat. Seketika, flu dan demam akan segera sembuh. Akan tetapi, hal ini dapat menimbulkan efek yang tidak baik jika kita terus menerus mengkonsumsinya. Akan jauh lebih mudah dan aman jika Anda mengkonsumsi kulit jeruk bali untuk mengobati flu dan demam. Vitamin C dan A yang terdapat pada kulit buah ini mampu berfungsi sebagai antioksidan sehingga menguatkan kekebalan tubuh secara alami. Jika kekebalan tubuh makin kuat, penyakit ringan seperti demam dan flu juga dapat disingkirkan dengan mudah.
8. Menyehatkan Pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam kulit jeruk bali cukup tinggi. Setidaknya, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung 10,6 gram serat. Serat pangan bermanfaat untuk mencegah sindromi usus, seperti sembelit dan kembung. Manfaat ini akan jauh lebih baik bagi sistem pencernaan jika dipadukan dengan teh hangat.
9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak kulit jeruk bali sejak dulu dipercaya orang-orang untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Serat pangan di dalamnya akan membantu memperbaiki pergerakan usus serta memperlancar buang air besar.
10. Menurunkan Berat Badan

Bingung dengan berat badan yang berlebih?? Jangan khawatir,, Anda akan mudah menemukan solusinya. Dengan cara yang mudah dan tentu saja tidak mengeluarkan budget yang sedikit, misalnya saja dengan menggunakan kulit jeruk bali. Kulit jeruk berukuran besar ini dipercaya mampu menurunkan berat badan karena secara efektif dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga lebih besar membakar kalori yang lebih banyak.



Komentar